Ini Syarat, Informasi dan Pendaftaran Jalur Masuk Mandiri UNESA

Bagi calon mahasiswa yang belum diterima di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui jalur seleksi sebelumnya, masih ada kesempatan untuk menjadi mahasiswa UNESA tahun ini melalui jalur Seleksi Mandiri Universitas Negeri Surabaya. Jadi, jangan berkecil hati terlebih dahulu.

Untuk bisa mengikuti seleksi mandiri UNESA 2023, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh UNESA. Yuk baca informasi selengkapnya mulai dari jadwal, syarat dan cara daftarnya berikut ini.

Apa Itu Ujian Jalur Mandiri?

Ujian Jalur Mandiri adalah salah satu bentuk seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia yang dilakukan secara mandiri oleh calon mahasiswa. Ujian ini biasanya dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi dengan daya tampung terbatas, seperti fakultas kedokteran, kedokteran gigi, atau program studi yang sangat diminati.

Pada Ujian Jalur Mandiri, calon mahasiswa diharuskan mengikuti ujian tertulis atau tes online yang berisi soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan akademik dan pengetahuan umum. Selain itu, calon mahasiswa juga biasanya diwajibkan mengikuti tes keterampilan

atau wawancara.

Pada beberapa perguruan tinggi, Ujian Jalur Mandiri juga bisa digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa. Meskipun pelaksanaannya berbeda-beda di setiap perguruan tinggi, Ujian Jalur Mandiri umumnya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Jalur Seleksi Mandiri UNESA 2023

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru atau Sipenmaru Unesa memiliki beberapa jalur Seleksi Mandiri yang disebut SPMB Unesa. Pilihan jalur dan jadwal SPMB UNESA 2023 belum pasti diketahui, tetapi bisa dilihat dari tahun sebelumnya.

1. Jalur UTBK Nasional

Jalur mandiri UNESA 2023 ini disebut Jalur UTBK Nasional atau Jalur Non Tes. Para calon mahasiswa yang ingin menggunakan jalur ini harus mengikuti SNBT dan UTBK. Jika tidak lolos di SNBT, nilai UTBK-mu dapat digunakan untuk mengikuti Jalur Non Tes UTBK di UNESA. Pendaftaran Mandiri Unesa jalur ini pada tahun sebelumnya berlangsung pada akhir bulan Juni, setelah pengumuman SNBT.

2. Jalur Prestasi Keagamaan

Jalur ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang keagamaan. Untuk pemeluk agama Islam, terdapat tiga jalur prestasi yang dapat dipilih, yaitu Jalur Pesantren, Jalur Tahfidz, dan Jalur MTQ. Selain itu, jalur SPMB ini juga terbuka untuk pemeluk agama Katolik, Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu, dengan prestasi keagamaan masing-masing. Pada tahun sebelumnya, pendaftaran jalur mandiri UNESA 2023 ini dilaksanakan setelah SPMB Jalur Non Tes UTBK, yaitu pada akhir Juni hingga awal Juli, diikuti dengan tes tulis dan uji keterampilan.

3. Jalur Prestasi Olahraga

Jalur ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga. Jadwal pendaftaran Unesa untuk jalur prestasi Mandiri di semua bidang biasanya dilaksanakan secara serempak, begitu pula dengan jadwal tes dan uji keterampilan.

4. Jalur Prestasi Seni

Jalur mandiri UNESA 2023 ini ditujukan bagi para calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang seni. Pendaftaran mandiri UNESA jalur ini dilaksanakan bersamaan dengan jalur-jalur prestasi lainnya.

banner-3d-shadowYuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

5. Jalur Prestasi Kepemimpinan

Jalur ini ditujukan khusus bagi para calon mahasiswa baru yang pernah menjabat sebagai ketua atau sekretaris OSIS. Perlu dicatat bahwa seluruh jalur prestasi UNESA tahun lalu hanya membuka pilihan satu program studi saja.\

6. Jalur TMUBK

TMUBK adalah Tes Masuk UNESA Berbasis Komputer. Jalur mandiri UNESA 2023 ini sama seperti UTBK, tetapi diselenggarakan secara mandiri oleh kampus UNESA. Pendaftaran SPMB Unesa ini tahun lalu berlangsung mulai awal bulan Juli. Tesnya berlangsung pada pertengahan Juli, kemudian diikuti dengan pengumuman.

Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UNESA 2023

Jalur mandiri UNESA adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara lokal oleh panitia seleksi dari UNESA. Tujuan dari jalur mandiri ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNESA.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tertulis dilakukan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan Tes Keterampilan atau wawancara. Namun, jalur Prestasi tidak ada tes tertulis, melainkan calon mahasiswa wajib mengikuti uji keterampilan/wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan.

Penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SPMB ini terbuka untuk Program Diploma dan Sarjana. Untuk dapat mendaftar pada jalur mandiri UNESA, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Warga Negara Asing mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Lulusan SMA / MA / SMK / MAK dalam dan/atau luar negeri untuk lulusan 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  5. Khusus untuk Jalur Prestasi adalah lulusan tahun ini.
  6. Dinyatakan Lulus Ujian Nasional
  7. Jalur program S1 (reguler) diperbolehkan memilih 2 (dua) Program Studi kelompok SAINTEK atau 2 (dua) Program Studi di kelompok SOSHUM. Urutan pilihan menentukan urutan prioritas.
  8. Jalur program S1 (prestasi) pilihan program studi hanya 1 (satu).
  9. Jalur program Diploma III pilihan program studi hanya 1 (satu).

Alur Pendaftaran Mandiri UNESA 2023

Adapun alur pendaftaran mandiri UNESA 2023 yang harus calon mahasiswa lalui.

  1. Calon peserta membaca petunjuk pendaftaran.
  2. Melakukan pembayaran formulir ke BTN dengan memilih jalur yang dipilih.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor token/voucher/kode akses.
  4. Mengisi formulir pendaftaran online di¬†pmbsipenmaru.unesa.ac.id¬†dengan klik tombol “Klik Daftar” lalu ikuti prosesnya.
  5. Kemudian mencetak kartu ujian dan bukti pendaftaran. Perlu diingat, sebelum mencetak, kamu simpan dengan baik nomor pendaftaran dan password.
  6. Mengikuti ujian tulis dan ujian keterampilan/wawancara sesuai jadwal dan membawa kartu ujian dan bukti pendaftaran serta keperluan lainnya.

Sebagai catatan tambahan:

  • Siapkan foto dengan ukuran 4×6 dengan resolusi 400 pixels x 600 pixels dengan background merah.
  • Perhatikan info yang ada pada waktu proses pengisian formulir.
  • Bagi yang belum upload foto, kamu bisa upload kembali melalui halaman login di atas sebelah kiri, dengan memasukkan No. Pendaftaran dan Password yang diperoleh setelah mengisi Form Pendaftaran.

Daya Tampung UNESA 2023

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) telah menambah kapasitas penerimaan mahasiswa baru tahun ini melalui berbagai jalur seleksi, termasuk seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), dan jalur SPMB (mandiri). Kenaikan kapasitas ini merupakan hasil dari status PTN-BH yang dimiliki oleh Unesa sebagai kampus yang selalu berada satu langkah di depan.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa, Prof. Madlazim, menjelaskan bahwa total kapasitas penerimaan mahasiswa baru Unesa pada tahun ini mencapai 22.915 mahasiswa, dengan rincian 4.761 atau 21 persen untuk jalur SNBP, 8.088 atau 35 persen untuk jalur SNBT, dan 10.066 atau 44 persen untuk jalur mandiri. Ketentuan kapasitas ini telah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Rektor UNESA, Nomor 455/UN38/HK/KM/2023 yang ditandatangani oleh Rektor Unesa Prof. Nurhasan pada 3 Februari 2023.